Kuta Mandalika, Pesona Pantai Indah yang Penuh Legenda

Kuta Mandalika, Pesona Pantai Indah yang Penuh Legenda

Sumber: https://news.ddtc.co.id/

Nama “pantai Kuta” biasanya akan dikaitkan dengan Pulau Dewata. Namun selain di situ, pantai Kuta juga merupakan nama pantai yang ada di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Kuta Mandalika memang sudah cukup terkenal di kalangan para wisatawan, namun belum seterkenal pantai Kuta yang ada di Bali. Meskipun begitu, pantai Kuta Mandalika tidak kalah menariknya. Kuta Mandalika bahkan jauh lebih cantik dan juga menyenangkan dibandingkan pantai Kuta Bali karena jauh lebih sepi dan lebih bersih dibandingkan pesaingnya. Selain itu, pesona Kuta Mandalika juga terletak di legendanya. Apa cerita di balik kecantikan pantai ini? Aktivitas menarik apa saja yang bisa dilakukan di pantai ini. Berikut penjelasan lengkapnya.

Legenda Kuta Mandalika

Legenda Kuta Mandalika

Sumber: https://www.lomboktourplus.com/

Nama Mandalika berasal dari nama seorang putri mahkota dari sebuah kerajaan di pantai Selatan Lombok. Tidak hanya berparas cantik, Mandalika pun mempunyai kepribadian yang baik. Karena kecantikan dan kebaikan hatinya ini membuat siapapun yang bertemu pasti akan jatuh hati kepada putri Mandalika. Banyak pangeran dari berbagai kerajaan yang berkeinginan untuk mempersuntingnya. Sang putri pun memutuskan untuk bersemedi dan dalam semedi tersebut didapatlah petunjuk untuk mengundang semua pangeran di Pantai Seger Kuta. Pada saat pertemuan tersebut putri Mandalika mengutarakan keinginannya agar Pulau Lombok tentram dan damai tanpa ada perdebatan karena harus memilih salah satu di antara pangeran tersebut. Putri Mandalika pun lebih memilih untuk menjatuhkan dirinya ke laut. Pencarian terhadap putri Mandalika tidak membuahkan hasil. Tidak lama kemudian muncul cacing-cacing panjang dari laut yang disebut dengan “Nyale”. Masyarakat percaya bahwa nyale adalah jelmaan dari putri Mandalika dan saat ini terdapat upacara adat Bau Nyale yang diadakan untuk berterima kasih pada sang putri.

Aktivitas di Kuta Mandalika

Aktivitas di Kuta Mandalika

Sumber: https://www.brilio.net/

Tidak hanya legenda saja yang menarik untuk diketahui dari Kuta Mandalika, tetapi perwujudan pantainya yang indah juga. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan ketika berwisata ke pantai ini.

Berjalan di Atas Pasir yang Lembut

Pantai Kuta Mandalika mempunyai pasir yang istimewa. Bentuknya bulat dengan ukuran lebih besar seperti buah merica. Tidak heran jika pantai ini disebut juga sebagai pantai merica. Meski bentuknya lebih besar, namun pasir di pantai ini tetap terasa lembut. Nikmati berjalan di atasnya sambil menikmati kelembutan pasirnya.

Merasakan Segarnya Air Pantai yang Jernih

Ombak di pantai ini jauh lebih tenang sehingga Anda bisa bermain air sepuasnya. Suasana pantainya pun lebih tenang dan sepi sehingga bisa memilih lokasi mana yang cocok untuk menikmati pesonanya. Rasakan biru dan jernihnya pantai khas Lombok yang tentunya menyegarkan.

Membeli Kain Songket Lombok

Salah satu tempat dimana terdapat banyak penjual kain songket Lombok adalah di Pantai Kuta. Anda bisa membeli sebagai souvenir kenang-kenangan atau oleh-oleh kepada orang terdekat.

Mengikuti Upacara Bau Nyale

Untuk mengenang putri Mandalika, setiap tanggal 20 bulan 10 pada penanggalan sasak, masyarakat Lombok berbondong-bondong merayakan upacara Bau Nyale. Masyarakat turun ke pantai untuk mencari Nyale yang dianggap sebagai jelmaan putri Mandalika. Selain itu, cacing ini hanya muncul sekali dalam setahun. Tidak heran jika masyarakat sangat bersemangat untuk bertemu dengan jelmaan putri Mandalika sekaligus menikmati makanan bergizi tinggi ini. Anda pun jangan sampai ketinggalan berpartisipasi di upacara ini ya!

Kuta Mandalika, Pesona Pantai Indah yang Penuh Legenda

Bagaimana? Pantai dengan legenda dan tradisi yang menarik bukan? Sekarang saatnya untuk memulai perjalanan wisata Anda dan menjadi saksi keindahan pantai penuh legenda ini.