Cara Mengatasi Keputihan dengan Memanfaatkan Bahan Alami


Keputihan merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh wanita. Selain mengeluarkan lendir pada vagina, keputihan dapat disertai dengan rasa gatal. Kondisi ini tentunya dapat membuat penderita merasa kurang nyaman ketika beraktifitas. Keputihan harus segera diatasi agar penderita tidak lagi merasakan kekurangnyamanan pada bagian organ intimnya. Bahan-bahan herbal sendiri dapat kita andalkan guna mengatasi keputihan dan rasa gatal pada bagian vagina.

Salah satu bahan alami yang dapat kita gunakan untuk menghilangkan keputihan adalah kunyit. Bahan alami berwarna kuning ini mengandung zat antibakteri yang mampu mengobati keputihan secara alami. Agar khasiat kunyit dapat dirasakan dengan baik, kita dapat langsung mengkonsumsi perasan kunyit yang telah dihancurkan. Proses penyembuhan keputihan akan berlangsung secara maksimal jika kita mengkonsumsinya dua kali dalam sehari.

Cara Mengatasi Keputihan dengan Memanfaatkan Bahan Alami

Bahan alami lain yang dapat kita manfaatkan untuk mengobati keputihan adalah bawang merah. Bahan alami yang dapat pula kita manfaatkan sebagai bumbu dapur ini telah dikenal secara turun temurun akan kandungan anti jamur dan anti bakteri yang dikandungnya. Dengan kandungan anti jamur dan anti bakteri yang dimilikinya, bawang merah sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri penyebab keputihan. Selama pengobatan keputihan, kita dapat memperbanyak penggunaan bawang merah pada setiap masakan yang kita konsumsi nantinya.

Kita dapat pula mengandalkan daun sirih untuk mengobati keputihan yang kita alami. Sama halnya dengan bawang merah, daun sirih juga mengandung anti jamur dan anti bakteri yang cukup tinggi. Tak mengherankan jika kita banyak menemukan produk pembersih area kewanitaan yang dibuat dengan ekstrak daun sirih. Keputihan dapat diatasi dengan cara mengkonsumsi rebusan air daun sirih. Kita juga dapat membasuh arena kewanitaan dengan menggunakan rendaman air daun sirih secara rutin agar keputihan dapat hilang dengan cepat.

Daun sambito menjadi bahan alami lain yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah keputihan. Untuk dapat memanfaatkan daun sambito, kita dapat merebusnya terlebih dahulu. Air rebusan daun sambito dapat kita minum setiap harinya agar dapat menghilangkan keputihan yang kita derita. Di samping mengkonsumsi rebusan daun sambito, kita dapat pula memanfaatkan air rendaman daun sambito untuk membasuh organ intim. Selain mengobati keputihan, daun sambito dapat pula menghilangkan bau kurang sedap akibat keputihan.

Tidak hanya memanfaatkan bahan-bahan alami, keputihan dapat pula diatasi dengan melakukan kebiasan-kebiasaan baik. Menurut rumah123.com, keputihan dapat ditangani secara mandiri dengan cara mengompres area vagina dengan menggunakan air dingin. Cara ini tidak saja dapat menghilangkan gatal akibat keputihan tetapi dapat pula mengatasi pembengkakan akibat kebiasaan menggaruk pada vagina ketika rasa gatal menyerang bagian organ intim. Keputihan dapat pula diatasi dengan menunda hubungan seksual setelah pengobatan dilakukan. Kita juga dianjurkan untuk menggunakan kondom ketika berhubungan agar proses pengobatan keputihan dapat berlangsung dengan baik.

Apabila keputihan terus terjadi meskipun telah memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai obatnya, kita sebaiknya berkonsultasi langsung kepada dokter. Jangan ragu memeriksakan diri ke dokter jika keputihan dirasa telah berlebihan. Dokter akan memberikan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi keputihan yang kita alami. Dokter juga akan memberikan arahan mengenai kebiasaan apa saja yang perlu kita lakukan untuk menghilangkan keputihan pada organ kewanitaan.

Itulah penjelasan mengenai bahan alami dan penanganan mandiri yang dapat kita lakukan untuk mengatasi keputihan. Semoga dengan penjelasan tersebut, kita tidak perlu merasa bingung untuk menentukan cara mengobati keputihan.