Pengertian Defek Septum Ventrikel Ventricular Septal Defect (Kebocoran Jantung)

Pengertian defek septum ventrikel ventricular septal defect atau VSD adalah kelainan jantung yang sering terjadi saat lahir (bawaan). Kondisi ini biasanya terjadi kehamilan menginjak usia 8 minggu, yaitu masa ketika jantung janin sedang dibentuk dalam dalam kandungan.

Pengertian Defek Septum Ventrikel Ventricular Septal Defect (Kebocoran Jantung)
http://drtaheranazrin.com

Pengertian Defek Septum Ventrikel Ventricular Septal Defect
Secara medis, defek septum ventrikel ventricular septal defect adalah cacat janin yang terjadi selama proses kehamilan. Di mana kondisi dinding jantung pada janin tidak berkembang sepenuhnya dan ada lubang (cacat) di dalamnya.

Lubang ini memisahkan bilik jantung bagian bawah (ventrikel) dan membuat darah mengalir dari dari ventrikel kiri ke ventrikel kanan melalui defek pada septum. Kemudian, darah yang kaya oksigen dipompa kembali ke paru-paru dan tidak ke seluruh tubuh, sehingga jantung dan paru-paru harus bekerja lebih keras.

Pengertian defek septum ventrikel ventricular septal defect secara awam adalah kebocoran jantung. Jika cacat ini tidak diperbaiki, seiring waktu dapat meningkatkan resiko komplikasi lain, seperti detak jantung tidak teratur (arrhythmia), gagal jantung, tekanan darah tinggi di paru-paru pulmonary hypertension), atau stroke.

Faktor Resiko
Defek septum ventrikel ventricular septal defect dapat diwariskan dan kadang-kadang dapat muncul bersama dengan masalah genetik lainnya, seperti down syndrome. Jika Anda sudah memiliki anak dengan kelainan jantung, konselor genetik dapat menganalisis resiko bahwa anak Anda berikutnya juga akan memilikinya.

Gejala
Tanda-tanda dan gejala cacat jantung serius biasanya muncul pada hari-hari pertama / minggu / bulan pertama kehidupan seorang anak. Gejalanya adalah :

  • Ketidakmampuan untuk berkembang
  • Pernapasan yang cepat atau kesulitan bernapas
  • nafas pendek
  • berkeringat / Mudah lelah
  • Kulit terlihat pucat

Tanda dan gejala bervariasi tergantung pada ukuran lubang dan kelainan jantung terkait lainnya. Anda dan dokter mungkin tidak mendeteksi tanda-tanda defek septum ventrikel ventricular septal defect ketika bayi lahir. Jika cacat kecil, gejalanya mungkin tidak muncul sampai anak usia dini.

Jika Anda rutin melakukan pemeriksaan kandungan, dokter mungkin bisa mendeteksi murmur saat mendengarkan jantung bayi Anda dengan stetoskop. Bisa juga dideteksi dengan ekokardiogram, yaitu USG jantung yang dapat menunjukkan masalah dalam struktur jantung, ukuran lubang, dan berapa banyak darah yang melewati lubang itu.

Namun di beberapa kasus, kelainan juga tidak terdeteksi sampai bayi/anak tersebut dewasa.

Penanganan VSD
Penanganan untuk VSD tergantung pada ukuran lubang dan masalah yang bisa ditimbulkannya. Jika lubangnya kecil dan tidak menghasilkan gejala apapun, dokter akan memeriksa bayi secara teratur untuk memastikan tidak ada tanda-tanda gagal jantung dan lubang itu menutup sendiri.

Jika lubang tidak menutup dengan sendirinya atau besar, tindakan lain mungkin harus diambil. Biasanya dokter anak akan menyarankan untuk operasi jantung terbuka atau kateterisasi jantung untuk menutup lubang dan mengembalikan aliran darah normal.

Setelah operasi, dokter akan menjadwalkan check up tindak lanjut secara teratur untuk memastikan bahwa lubang tetap tertutup. Sebagian besar anak-anak yang memiliki VSD yang menutup (baik sendiri atau melalui operasi) memiliki kehidupan yang sehat.

Beberapa anak yang memiliki VSD membutuhkan obat untuk membantu mengurangi tekanan darah, memperkuat otot jantung, dan membantu tubuh menghilangkan cairan ekstra. Dan beberapa bayi dengan VSD yang belum bisa dioperasi akan diberi resep formula tinggi kalori khusus untuk memastikan bayi memiliki berat badan yang cukup.

Apakah Anda sudah memahami pengertian defek septum ventrikel ventricular septal defect dengan benar? Jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan kelainan jantung atau kelainan genetik lainnya, pertimbangkan untuk berbicara dengan konselor genetik sebelum merencanakan hamil.

0 komentar:

Posting Komentar