Mengenal Macam-Macam Jenis Penyakit Kulit

Penyakit kulit biasanya dikarenakan oleh lingkungan dan tutorial nasib dari masing-masing individu. Tak lebihnya kebersihan lingkungan, pengaruh makanan, stres yang berlebih merupakan berbagai penyebab yang bisa memunculkan penyakit kulit. Berikut ini macam-macam tipe penyakit kulit yang tak jarang kami alami:

Mengenal Macam-Macam Jenis Penyakit Kulit


Campak
Penyakit Campak yaitu penyakit akut menular yang dikarenakan oleh virus dan umumnya menyerang anak-anak. Tanda-tanda awal campak yaitu demam, pilek, bersin, badan lesu, sakit kepala, nafsu makan mengalami penurunan drastis dan radang mata.

Gejala campak mulai timbul kurang lebih satu hingga dua minggu seusai virus masuk ke dalam tubuh. Ruam berwarna merah-kecokelatan bakal timbul di kulit seusai kemarin hari kemudian. Urutan kemunculan bercak ini dari belakang telinga, kurang lebih kepala, kemudian ke leher.

Saat ini di Indonesia sedang digalakkan suntik vaksin cacar di sekolah-sekolah.
Rubella
Penyakit Rubella ini sangat mirip dengan campak, bakal tetapi rubella diklaim lebih berbahaya daripada campak. Sebab tidak hanya menyerang anak-anak, rubella juga bisa menyerang ibu-ibu hamil dan pasti saja berbahaya bagi janin. Bahkan bisa menyebabkan cacat alias kematian bagi bayi yang di kandung.
Semacam cacar, sekarang di sekolah-sekolah di Indonesia juga sedang digalakkan Imunisasi Rubella.
Melanoma
Penyakit Melanoma merupakan kanker kulit yang berasal dari sel-sel penghasil pigmen (melanosit). Tipe kanker ini biasanya terjadi pada orang di bawah usia 30 tahun.

Anda bisa meperbuat proses screening sendiri untuk mencegah melanoma dengan memantau tanda-tanda munculnya bintik-bintik pada kulit Anda. Alias apabila kulit Kamu terlalu sensitif, kunjungi dokter kulit untuk mengenal lebih lanjut apakah Kamu berisiko kepada melanoma.

Gejala yang terjadi yaitu Munculnya bintik alias tahi lalat yang berubah bentuk, warna dan ukuran. Terkadang di kurang lebih bintik dan tahi lalat bakal terasa gatal, nyeri bahkan terjadi pendarahan.
Bisul
Penyakit Bisul alias disebut juga furunkel merupakan infeksi kulit berbentuk benjolan merah dan bisa membesar. Bisul bisa tumbuh di seluruh segi tubuh, tetapi bisul lebih tak jarang ditemukan di tahap tubuh yang lembap, semacam lipatan paha, sela bokong, leher, ketiak hingga kepala.

Bisul dikarenakan sebab adanya infeksi bakteri stafilokokus aureus pada kulit yang melalui folikel rambut, kelenjar minyak, kelenjar keringat, lantas menyebabkan infeksi lokal.

Faktor yang menyebabkan terkena bisul diantaranya kebersihan yang kurang baik, luka yang terinfeksi, pelemahan diabetes, kosmetik yang menyumbat pori, dan pemakaian bahan kimia.
Kusta
Penyakit Kusta merupakan salah satu tipe penyakit kulit pada manusia. Di masyarakat penderita penyakit kusta tak jarang dikucilkan sebab dianggap penyakit kutukan. Padahal Penyakit kusta bukanlah kutukan dan bisa disembuhkan.

Bakteri penyebab kusta yakni mycobacterium leprae. Penyakit kusta bisa menular tetapi penularannya tak mudah alias kecil kemungkinan menular sebab penyakit kusta hanya menular dari penderita yang belum diobati.
Kudis
Penyakit Kudis alias skabies merupakan penyakit kulit yang dikarenakan oleh parasit tungau yakni sarcoptes scabiei var hominis. Orang yang terjangkit penyakit kulit kudis biasanya tinggal di tempat kumuh dan tak melindungi kebersihan tubuhnya.

Tanda-tanda kudis yaitu ada rasa gatal yang demikian luar biasa saat malam hari, terlebih di sela-sela jari kaki, tangan, di bawah ketiak, alat kelamin, pinggang dan sebagainya. Kudis amat mudah menular pada orang lain, apalagi apabila menggunakan pakaian yang sama semacam handuk dan sabun.
Penyakit Mata ikan
Penyakit Mata Ikan alias disebut juga clavus merupakan salah satu tipe penyakit kulit manusia. Dimana penyakit ini bisa tumbuh di jari, tangan, kaki dll.

Virus penyebab mata ikan yakni human papilomavirus. Penyakit ini tak menular bakal tetapi penyakit ini terasa sakit apabila tersenggol di tahap kulit yang terkena.
Eksim
Penyakit Eksim alias Dermatitis merupakan penyakit yang dikarenakan sebab alergi pada rangsangan zat kimia spesifik semacam detergen, sabun, obat-obatan dan kosmetik. Sementara kepekaan pada tipe makanan spesifik semacam udang, ikan laut, telur, daging ayam, alkohol, vetsin (msg), dan sebagainya. Eksim juga bisa dikarenakan alergi serbuk sari tanaman, debu, iklim, hingga persoalan emosi. Eksim tak jarang kali menyerang orang-orang yang mempunyai kecenderungan alergi.

Tanda-tanda mutlak yang dirasakan pasien penyakit kulit eksim yaitu rasa gatal berlebih pada kulit dibarengi dengan kulit memerah, bersisik dan pecah-pecah, hingga timbul gelembung-gelembung kecil yang mengandungan air alias nanah. Tangan, kaki, lipatan paha dan telinga yaitu segi tubuh yang sangat berisiko terkena eksim.
Kurap
Penyakit Kurap dikarenakan sebab adanya jamur. Gejala yang mudah dikenali merupakan timbul lingkaran-lingkaran yang bersisik, bercak putih, lembap, dan disertai rasa gatal. Penyakit kulit urap timbul dikarenakan tak lebihnya menjaga kebersihan kulit. Tahap tubuh yang tak jarang diserang kurap yakni tengkuk, leher dan kulit kepala.
Kutil
Penyakit Kutil merupakan penyakit kulit yang dikarenakan oleh HPV alias Human Papilloma Virus. Virus ini menyebabkan produksi protein keras alias keratin meningkat pesat sehinga melebihi kadar yang dibutuhkan oleh tubuh.

Gejala yang menandakan bakal terjadi kutil pada umumnya ada tahap kulit yang menonjol ke atas semacam bulatan yang mempunyai permukaan kasar. Meskipun ada juga yang berbentuk pipih alias tertekan ke dalam kulit.

Kutil terbukti biasanya membaik dengan sendirinya dan tak berbahaya. Tetapi penyakit ini bakal terasa sangat mengganggu khususnya apabila tumbuh di daerah sensitif alias mudah dilihat orang.
Panu
Penyakit Panu merupakan sebuahpenyakit infeksi jamur yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak kecil pada kulit. Warna bercak tersebut bisa lebih terang alias lebih gelap dari warna kulit asli.

Penyakit kulit bisa menular, khususnya apabila tak jarang menggunakan pakaian yang sama dengan pengidap penyakit panu, umpama: handuk, baju, sabun dll.

Penyakit Panu tidaklah berbahaya, bakal tetapi pengidap penyakit panu tak jarang tak percaya diri akibat adanya bercak-bercak dan warna yang tak sama pada kulit.
Herpes

Penyakit Herpes tak jarang menjangkit orang dewasa. Tanda munculnya penyakit ini merupakan adanya bintik tak rata dan berkapasitas kecil yang akhirnya melepuh.

Akibat yang dirasa penderita merupakan rasa perih dan gatal dan membikin kulit menjadi lebih sensitif. Daerah kulit yang tak jarang terkena merupakan daerah tubuh yang lembap semacam lipatan paha, bokong alias tahap tubuh lainnya.
Jerawat
Penyakit Jerawat merupakan tipe penyakit kulit yang lumayan terkenal sebab hampir semua orang sempat mengalami faktor ini. Jerawat dikarenakan sebab persoalan pada kelenjar minyak kulit.

Untuk diketahui, pori-pori terhubung ke kelenjar oleh kanal yang disebut folikel. Ketika folikel dari kelenjar kulit tersumbat, maka timbulah jerawat.

Mesikipun tak berbahaya tetapi penyakit ini bakal sangat mengganggu sebab biasanya jerawat timbul di tahap wajah.
Psoriasis
Penyakit Psoriasis tergolong salah satu penyakit kulit yang susah untuk didiagnosa. Tahap tubuh yang biasa terkena eksim biasanya sama dengan tahap tubuh yang terkena psoriasis. Kulit kepala, punggung segi bawah, telapak tangan, dan telapak kaki merupakan berbagai tahap tubuh yang rawan terkena psoriasis. Stres, trauma, dan tingkat kalsium yang rendah juga bisa mengakibatkan psoriasis.

Tanda-tanda psoriasis yaitu munculnya bercak-bercak merah dan di atasnya ada sisik-sisik putih berlapis-lapis. Apabila digaruk, sisik-sisik tersebut bisa rontok. Walau pada awalnya luas permukaan kulit yang terkena kecil, psoriasis bisa terus melebar apabila tak segera ditangani.
Impetigo
Penyakit Impetigo yaitu penyakit kulit menular yang umumnya dikarenakan oleh bakteri. Impetigo mengakibatkan kulit sehingga gatal, melepuh diisi cairan dan kulit sehingga merah. Impetigo amat gampang berjalan pada anak berusia dua hingga enam tahun.

Bakteri ini umumnya masuk ke ke dalam kulit melalui gigitan serangga, luka, alias goresan. Menjaga kebersihan tubuh merupakan sesuatu yang harus dijaga oleh orang yang mengalami impetigo.
Hives
Penyakit Hives biasanya dikarenakan oleh alergi makanan alias obat-obatan. Penyakit ini juga bisa timbul akibat dari infeksi alias stress. Penyakit ini biasanya ditandai dengan benjolan dan terkadang benjolan tersebut memunculkan gatal-gatal. Tetapi, penyakit ini biasanya bakal hilang dengan sendirinya.
Cacar Air
Penyakit Cacar Air alias dikenal dengan nama varisela. Penyakit ini umumnya didireta oleh anak-anak di bawah usia 10 tahun. Tetapi bukan berarti orang dewasa tak bisa terkena penyakit ini, tetapi yang lazim diketahui merupakan ketika telah sempat terkena penyakit ini, biasanya tak bakal tertular lagi.

Penyakit ini biasanya ditandai dengan munculnya ruam pada kulit, lalu ruam tersebut berubah menjadi bintil merah yang bakal terasa gatal bila digaruk bakal terkelupas dan mengeluarkan cairan, kemudian mengering, sehingga koreng, dan terkelupas dalam waktu 1 hingga 2 minggu.

Cacar air tak mempunyai penanganan khusus, semua pengobatan hanya berfungsi untuk mengurangi gejala saja. Dan biasanya pencegahan untuk cacar diperbuat disaat usia sekolah dasar dengan meperbuat suntik vaksin cacar.

0 komentar:

Posting Komentar